Kandungan Gizi Sate Lilit Bali

Anda pasti kenal Bali, kan? Nah bagi penggemar kuliner halal sudah tentu penah mencicipi nikmatnya nasi campur bali atau nasi bali ayam betutu. Salah satu lauk favoritenya adalah sate lilit. Ya sate lilit menjadi ikon pilihan kuliner Indonesia.

Sate lilit merupakan kuliner warisan tradisi Bali yang secara terbatas juga dapat dijumpai di Lombok. Hal ini dimungkinkan mengingat pengaruh pada masa kejayaan kerajaan Karangasem, Bali yang pernah berkuasa di sebagian wilayah Pulau Lombok.

Sate lilit dibuat dari sumber protein seperti ayam dan ikan yang dicincang halus, dicampur bumbu-bumbu tradisional. Adonan yang telah dibumbui tersebut kemudian dikepalkan pada sebatang luluh atau tusuk sate tetapi tidak runcing dan lebih tebal. Biasanya luluh juga diganti dengan batang serai sehingga menambah kesan modern-tradisional.

Lalu, seperti apa kandungan gizi pada sate lilit? Ini dia kandungan per 100 gram sate lilit.

Zat Gizi                        Nilai Gizi                            Nilai Gizi per Porsi
Lemak                          18 g                                    3 g
Protein                         19 g                                    3 g
Karbohidrat                  3 g                                      0 g
Kalori                            250 kkal                              45 kkal

Nah, tentu saja sangat layak dicicipi apalagi untuk acara-acara istimewa bersama keluarga atau rekan kerja di kantor. Kedai Kayumanis sebagai salah satu penggiat kuliner cita rasa nusantara menyajikannya dengan sentuhan rasa tradisional. Yuk order…

Testimoni

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.